Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat dewasa
ini membawa perubahan yang luar biasa dalam kehidupan manusia. Semua informasi
dengan cepat dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun tanpa
terhalang jarak dan waktu. Salah satu media yang sering digunakan untuk
mengakses informasi adalah Internet.
Berdasarkan riset yang dilakukan We Are Social bekerjasama dengan Hootsuite bahwa sampai dengan Januari 2020 dari populasi dunia yang berjumlah 7,75 miliar orang, sebanyak 4,54 miliar orang (59%) adalah pengguna aktif internet dan 3,80 miliar orang (49%) adalah pengguna media sosial. Dari sekian banyak jumlah media sosial, 2 (dua) diantaranya yang paling populer di dunia adalah facebook (2,5 miliar pengguna per bulan) dan youtube (2 miliar pengguna per bulan).
Berdasarkan riset yang dilakukan We Are Social bekerjasama dengan Hootsuite bahwa sampai dengan Januari 2020 dari populasi dunia yang berjumlah 7,75 miliar orang, sebanyak 4,54 miliar orang (59%) adalah pengguna aktif internet dan 3,80 miliar orang (49%) adalah pengguna media sosial. Dari sekian banyak jumlah media sosial, 2 (dua) diantaranya yang paling populer di dunia adalah facebook (2,5 miliar pengguna per bulan) dan youtube (2 miliar pengguna per bulan).
Mari kita perhatikan data dari Omnicore Digital Marketing Agency. Untuk
facebook saja, terdapat 317.000
status update/postingan, 243.000 foto
upload dan 116.000 komen setiap
menitnya serta 100 juta jam video yang ditonton setiap harinya. Sementara untuk
youtube, terdapat 500 jam video baru yang
diunggah setiap menitnya dan 5 miliar video yang ditonton dengan lama waktu
menonton 1 miliar jam setiap harinya.
Data diatas merupakan gambaran bahwa betapa derasnya arus informasi yang
tengah membanjiri kita lewat media sosial setiap harinya. Belum lagi apabila ditambahkan
informasi yang muncul pada media
sosial maupun media online lainnya (whatsapp, instagram, twitter, website, blog,
tv/radio/koran online, e-commerce, dan lain-lain), media cetak (koran, tabloid,
majalah, buku) dan media elektronik (radio
dan televisi).
Dapat dipastikan bahwa setiap hari kita akan dihadapkan kepada berbagai
pilihan informasi yang tentunya dapat menyita waktu, pikiran dan konsentrasi
kita. Ironinya, sebagian orang dengan mudah menerima semua informasi yang
diakses olehnya. Padahal, tidak semua informasi itu positif, berkualitas dan bermanfaat bagi kita. Bahkan kebanyakan
informasi itu negatif, tidak berkualitas dan tidak bermanfaat.
Semua informasi yang kita terima melalui panca indera kita akan masuk ke
pikiran sadar (conscious mind) kita. Informasi
tersebut kemudian diidentifikasi serta dianalisis oleh pikiran sadar lalu dibawa
menuju pikiran bawah sadar (unconscious mind) kita. Apabila informasi
yang masuk ke pikiran sadar secara terus menerus adalah informasi negatif maka lambat
laun informasi tersebut akan menjadi keyakinan (belief system) dan
dianggap sebagai sesuatu hal yang wajar (benar) menurut persepsi kita.
Belief System inilah yang
mempengaruhi cara, sikap dan perilaku kita dalam menjalani kehidupan. Sehingga
kedepannya, kita harus lebih ekstra hati-hati dan selektif dalam memilih setiap
informasi yang akan kita konsumsi. Pilihlah informasi yang positif, berkualitas dan bermanfaat dan bangunlah belief system yang kuat dan selaras dengan Kehendak Ilahi demi meraih kesuksesan
hidup di dunia dan di akhirat.
Wallahu a’lam.
(Sukses Selalu - ZRL)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar