Minggu, 21 Juni 2020

TANTANGAN TERBESAR DALAM MEMBANGUN KEBIASAAN POSITIF


Setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya. Namun, kesuksesan tersebut tidaklah datang secara tiba-tiba (instan) tetapi membutuhkan tahapan atau proses panjang yang wajib dijalani oleh setiap orang di dalam kehidupannya. Dan tahapan/proses awal dalam meraih kesuksesan itu bermula dari keinginan seseorang untuk melakukan perubahan diri dan membangun kebiasaan positif.  

Untuk merealisasikan keinginan kita dalam melakukan perubahan diri dan membangun kebiasaan positif bukanlah suatu perkara yang mudah. Berbagai tantangan dan rintangan akan selalu datang menghadang kita, terutama yang bersumber dari dalam diri kita sendiri. Setidaknya terdapat 3 tantangan terbesar dalam proses perubahan diri, yaitu: 

           1)     Godaan Setan
     2)     Hawa Nafsu 
     3)     Kemalasan

Setiap kali muncul keinginan dari dalam pikiran kita untuk melakukan perubahan diri dan membangun kebiasaan positif, maka pada saat itu pula Setan akan memasukkan godaan-godaannya ke dalam keinginan kita tersebut. Setan akan berupaya untuk menghilangkan keinginan baik tersebut dari dalam pikiran kita. 

Setan juga tidak henti-hentinya menggoda kita dari berbagai arah dengan sekuat tenaga untuk menjadikan hati kita cenderung kepada hawa nafsu dan mendorong kita untuk berpikir dan bertindak pada hal-hal yang negatif. Berbagai jebakanpun ditebar oleh Setan agar diri kita selalu berada di dalam kemalasan, pesimisme dan keputusasaan.

Tidak jarang, banyak dari kita yang tergoda bujuk rayu Setan dan masuk kedalam jebakannya, sehingga diri kita dikuasai oleh hawa nafsu dan terkunci di dalam kemalasan diri. Akibatnya, berbagai keinginan kita untuk melakukan perubahan diri dan membangun kebiasaan positif, akan selalu kandas ditengah jalan. Bahkan yang lebih buruk lagi, tidak terbesit sedikitpun keinginan dari dalam diri kita untuk melakukan perubahan diri. Na’udzubillah Min Dzalik.

Lantas, bagaimana caranya agar kita mampu menghadapi berbagai tantangan dalam proses perubahan diri? Minimal diri kita harus mau belajar dan terus belajar mengenai 3 hal, yaitu: 1) Manajemen Diri; 2) Manajemen Waktu; dan 3) Manajemen Energi, sebagaimana tampak pada Tabel berikut:

No.
Manajemen Diri
Manajemen Waktu
Manajemen Energi
1.
Mengenal Diri
-    Mengenal Sifat dan 
Karakter Diri
-    Mengenal Pola dan 
Perilaku Diri
-    Mengintrospeksi Diri
Mengenal Waktu
-    Mengenal Sifat Waktu
-    Mengenal Pola 
Pemanfaatan Waktu
-    Mengintrospeksi 
Pemanfaatan Waktu

Mengenal Energi
-     Mengenal Sifat Energi
-    Mengenal Pola 
Pemanfaatan Energi
-    Mengintrospeksi 
Pemanfaatan Energi
2.
Memahami Diri
-   Memahami Kekuatan Diri
-    Memahami Kelemahan
Diri
-   Mengukur Kemampuan 
Diri
Memahami Waktu
-   Memahami Waktu Luang
-   Memahami Waktu Sempit
-  Mengukur Kemampuan 
  Pemanfaatan Waktu
Memahami Energi
-     Memahami Energi Positif
-     Memahami Energi 
Negatif
-    Mengukur Kemampuan 
    Pemanfaatan Energi
3.
Menaklukkan/Menguasai Diri
-   Mengelola Diri
-   Mengoptimalkan Diri
-   Mengendalikan Diri
Menaklukkan/Menguasai Waktu
-   Mengelola Waktu
-   Mengoptimalkan Waktu
-   Mengendalikan Waktu
Menaklukkan/Menguasai Energi
-   Mengelola Energi
-   Mengoptimalkan Energi
-   Mengendalikan Energi

Di dalam membangun kebiasaan baru, janganlah terjebak dengan waktu minimal yang dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan baru. Memang ada beberapa penelitian populer yang mengungkapkan mengenai hal tersebut (baca artikel sebelumnya: Cara Terbaik Membangun Kebiasaan Positif), namun fokus kita adalah bagaimana meningkatkan kemampuan diri kita, terutama dalam 3 hal diatas, yaitu: Manajemen Diri, Manajemen Waktu dan Manajemen Energi.

Memang, dalam melakukan perubahan diri dan membangun kebiasaan positif, kita dituntut agar mau belajar dan terus belajar untuk memenej diri, memenej waktu dan memenej energi kita. Semakin kita mampu memenej diri, memenej waktu dan memenej energi kita maka semakin kita dapat mengenal, memahami dan menaklukkan diri, waktu dan energi serta semakin mudah kita dalam melakukan perubahan diri dan membangun kebiasaan positif.

Wallahu a’lam


(Sukses Selalu - ZRL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar